Klasifikasi Rumah Sakit di Indonesia


Literasi Perawat ~ Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.
Rumah Sakit berdasarkan pelayanannya terbagi menjadi Rumah Sakit Umum (memberikan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit dan Rumah Sakit Khusus (memberikan pelayanan utama pada satu bidang atau satu jenis penyakit tertentu berdasarkan disiplin ilmu, golongan umur, organ, jenis penyakit atau kekhususan lainnya).

Klasifikasi Rumah Sakit

Rumah Sakit Umum diklasifikasikan menjadi:
  1. Rumah Sakit Umum Kelas A;
  2. Rumah Sakit Umum Kelas B;
  3. Rumah Sakit Umum Kelas C; dan
  4. Rumah Sakit Umum Kelas D dan  Rumah Sakit Umum Kelas D pratama.
Rumah Sakit Khusus diklasifikasikan menjadi:
  1. Rumah Sakit Khusus Kelas A;
  2. Rumah Sakit Khusus Kelas B; dan
  3. Rumah Sakit Khusus Kelas C.

Bentuk Rumah Sakit

Menurut Permenkes 56 Tahun 2014, Rumah Sakit berdasarkan bentuk dibedakan menjadi Rumah Sakit menetap, Rumah Sakit bergerak dan Rumah Sakit lapangan.
Rumah Sakit menetap merupakan rumah sakit yang didirikan secara permanen untuk jangka waktu lama untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan perseorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat.
Rumah Sakit bergerak merupakan Rumah Sakit yang siap guna dan bersifat sementara dalam jangka waktu tertentu dan dapat dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain. Rumah Sakit bergerak dapat berbentuk bus, kapal laut, karavan, gerbong kereta api, atau kontainer.
Rumah Sakit lapangan merupakan Rumah Sakit yang didirikan di lokasi tertentu selama kondisi darurat dalam pelaksanaan kegiatan tertentu yang berpotensi bencana atau selama masa tanggap darurat bencana. Rumah Sakit lapangan dapat berbentuk tenda di ruang terbuka, kontainer, atau bangunan permanen yang difungsikan sementara sebagai Rumah Sakit.
Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

1 comment for "Klasifikasi Rumah Sakit di Indonesia"

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    di IONPK.ORG.:)
    pin BB : 58ab14f5 , di add ya...:D
    Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah.
    Dijamin seru dan menghasilkaN IONPK.ORG

    ReplyDelete