Ini Perbedaan Keputusan Direktur, Kebijakan, Peraturan Direktur, Pedoman RS, Panduan RS, SPO



KEPUTUSAN DIREKTUR:
Keputusan Direktur adalah dokumen yang mengesahkan sesuatu, misalnya berlakunya Kebijakan tertentu,  terbentuknya tim/komite/panitia, berjalannya suatu aturan yg diadopsi dari luar RS atau bukan oleh direksi RS (oleh tim/komite/departemen/divisi/bagian).

Misalnya: SK tentang kebijakan pelayanan pasien di RS ; SK tentang pembentukan tim ponek; SK tentang pemberlakuan Pedoman PONEK dari Kemenkes RI, SK tentang pemberlakuan pedoman penerimaan pasien oleh instalasi rekam medik dan informasi kesehatan.
KEBIJAKAN:
Lihat keterangan keputusan direktur.
PERATURAN DIREKTUR:
Peraturan Direktur adalah dokumen yg berisi aturan di RS,  yg disusun oleh RS.  Berlaku di RS tetapi tdk menyalahi aturan nasional atau organisasi yg berwenang lainnya.

Contoh dg analog: Permenkes 56 tahun 2014 tentang perizinan dan klasifikasi RS,  permenkes ini berlaku untuk lingkungan kesehatan saja (RS) tetapi mengadopt aturan dari kementerian lain, misalnya kementerian lingkungan hidup, pu, dll., dengan disusun ulang dalam sebuah aturan.

Contoh untuk Rumah Sakit, misalnya peraturan kepegawaian.
PEDOMAN RUMAH SAKIT:
Pedoman RS dapat merupakan jabaran dari peraturan diatasnya secara lebih detail, sebagai acuan untuk pelaksanaan dilapangan.

Pedoman mengatur lintas bagian/divisi.
Pedoman RS bisa diadakan, bisa tidak. Bila peraturan sudah jelas dan memadai untuk acuan, maka mungkin tidak perlu dibuat Pedoman.

Tetapi mestinya tidak ada Pedoman jabaran tanpa Peraturan Direktur yang terkait.

Pedoman RS dapat dibuat oleh komite/tim yg dilimpahi wewenang dan tanggungjawab, dan disahkan dengan Keputusan Direktur.

Contoh: Pedoman organisasi komite medik di RS oleh komdik, Pedoman pengadaan farmasi oleh panitia farmasi dan terapi.

Pedoman RS dapat juga mengadopt Pedoman nasional/organisasi yg berwenang di luar RS dengan keputusan direktur.
PANDUAN RUMAH SAKIT
Panduan RS adalah dokumen yg mengatur suatu hal secara spesifik dan/atau spesialiatik. Biasa disusun oleh yang kompeten atau berwenang dalam RS dan disahkan oleh keputusan direktur.

Misalnya Panduan rekruitmen dan seleksi pegawai, Panduan pelaporan insiden keselamatan pasien, dll. Atau dari panduan nasional/organisasi yg berwenang yang disahkan dengan keputusan direktur.
SPO 

Ringkasan dari satu topik dari peraturan/pedoman/panduan RS berupa langkah2 utk kegiatan yg sering dikerjakan, yg harus seragam dan menyangkut banyak staff

Bagi anda yang menginginkan file word dokumen Pokja akreditasi KPS Standar Kemenkes 2022 atau dokumen pokja lainnya seperti (HPK, SKP, PPI, PMKP, PP, AKP, TKRS, MFK, KE, PROGNAS, PAB, MRMIK PAP) mulai dari regulasi - bukti sesuai standar dan elemen penilaian bisa hub 081242949477 via whatsapp



Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Ini Perbedaan Keputusan Direktur, Kebijakan, Peraturan Direktur, Pedoman RS, Panduan RS, SPO"