Tokoh Keperawatan di Indonesia, Ini Namanya

Tokoh, SLPI - Diantara tokoh-tokoh keperawatan yang cukup dikenal luas adalah sebagai berikut:
  • Oyoh Radiat, M.Sc aka Odjo Radiat, M.Sc, ejaan mana yang benar untuk nama beliau ini ya? Beliau adalah salah satu pendiri organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) sekaligus sebagai Ketua PPNI untuk kali pertama. Beliau aktif di Ikatan Perawat Indonesia-Jakarta (IPI-Jakarta) sebelum akhirnya bergabung dan memimpin PPNI. Beliau terpilih 3 periode berturut-turut terpilih dalam kepengurusan PPNI.
  • H. B. Barnas berasal dari IPI-Jakarta, beliau adalah salah satu pendiri PPNI yang kemudian juga menjabat sebagai pengurus PPNI.
  • Maskoep Soerjo Soemantri juga dari IPI-Jakarta, beliau juga adalah pendiri sekaligus sekretaris pertama dari kepengurusan PPNI. Beliau dua periode terpilih sebagai sekretaris PPNI mendampingi Oyoh Radiat, M.Sc aka Odjo Radiat, M.Sc.
  • J. Soewardi dari Persatuan Perawat Indonesia Bandung, salah satu pendiri dari PPNI.
  • Sjuamsunir Adam dari Persatuan Perawat Indonesia Bandung, beliau juga dikenal sebagai salah satu pendiri dari PPNI.
  • L. Harningsih dari Persatuan Perawat Indonesia Bandung, juga pendiri dari PPNI.
  • Wim Sumarandek, SH dari Persatuan Perawat Indonesia Bandung, dikenal juga sebagai pendiri dari PPNI.
  • Drs. Husein, SKM, beliau adalah sesepuh perawat dari Bogor. Semasa aktif sebagai sekretaris PPNI beliau juga menjabat sebagai Direktur Akper Depkes RI Bogor. Beliau juga pernah terpilih sebagai ketua PPNI pada tahun 1995 saat Musyawarah Nasional ke-5 di Wisma Haji Pondok Gede.
  • Setien Wuntu, MPH adalah pengganti Oyoh Radiat, M.Sc aka Odjo Radiat, M.Sc dalam memimpin PPNI.
  • Drs. Zaidin Ali, adalah pengganti Maskoep Soerjo Soemantri sebagai sekretaris PPNI. Beliau dua periode secara berturut-turut terpilih sebagai sekretaris PPNI.
  • Prof. Achir Yani S. Hamid, DN.Sc, beliau adalah ketua pengurus pusat PPNI yang terpilih dalam Musyawarah Nasional Keenam (VI) diselenggarakan di Bandung pada tanggal 16-18 April 2000. Beliau kembali terpilih sebagai ketua umum dalam Musyawarah Nasional ketujuh (VII) yang dilaksanakan di Manado.
  • Dra. Herawani Aziz, M. Kes., M. Kep, terpilih sebagai sekretaris PPNI mendampingi Prof. Achir Yani S. Hamid, DN.Sc.
  • Dra. Christine S. Ibrahim, MN, Phd, beliau adalah tokoh dibalik berdirinya Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesiapada tahun 1985 lalu.
  • Tien Gartinah, MN, beliau adalah tokoh dibalik berdirinya Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesiapada tahun 1985 lalu.
  • Dewi Irawaty, MA, beliau saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia sekaligus sebagai ketua umum PPNI saat ini.
Selain dari kalangan perawat, ada juga guru besar kedokteran yang berperan serta aktif dalam pengembangan profesi keperawatan ini, diantaranya adalah Prof. Dr. Asri Rasyad, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1985. Ada juga Prof. Dr. Marifin Husein, seorang guru besar kedokteran yang juga merangkap sebagai Ketua Konsorsium Ilmu Kesehatan. Terakhir masih ada Prof. Dr. Azrul Azwar, MPH beliau juga adalah guru besar kedokteran yang telah diamanahi sebagai dekan pertama dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.
Demikian sekilas tulisan mengenai tokoh-tokoh perawat yang berperan dalam pengembangan profesi keperawatan di Indonesia. Apabila pembaca sekalian ada informasi tambahan terkait tokoh perawat di Indonesia ini, jangan segan untuk memberikan komentar dibawah artikel ini.

Terakhir, jasa dan kontribusi para tokoh perawat Indonesia ini layak kita apresiasi, terutama disaat kita semua sedang menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini. Bukankah Bangsa yang besar atau profesi yang besar adalah Bangsa atau profesi yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya?
Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

1 comment for "Tokoh Keperawatan di Indonesia, Ini Namanya"