Solusi Terbaik Bagi Pasien Diabetes Mellitus

Literasiperawat.com ~ Diabetes mellitus atau kencing manis adalah penyakit gangguan metabolism gula darah yang disebabkan oleh kekurangan hormone insulin sehingga terjadi peningkatan kadar gula darah dengan segala akibatnya.

APAKAH YANG PERLU DIPERHATIKAN BILA ANDA MENGALAMI HIPOGLIKEMI ?


Hipoglikemi adalah keadaan yang terjadi bila kadar gula darah terlalu rendah. Ini disebabkan karena ketidakseimbangan antara makanan yang dimakan, gerak badan dan obat yang digunakan. Gejalanya antara lain : keringatan, dingin, gemetar, pusing, lemas mata berkunang-kunang dan rasa perih diulu hati seperti orang kelaparan. Bila anda mengalami gejala ini, makan gula pasir atau gula-gula. Melaporlah segera ke dokter anda.


MAKANAN APAKAH MENGANDUNG BANYAK HIDRAT ARANG ?

  1. Sumber karbohidrat kompleks, seperti nasi, lontong, ketan, jagung, roti, ubi, singkong, talas, kentang, sago, bulgur, mie, bihun, makaroni, dan makanan lain yang terbuat dari tepung-tepungan.
  2. Gula murni dan makanan yang diolah dengan gula murni, seperti gula pasir, gula jawa, gula- gula, dodol, coklat, jam ,madu, sirop, limun, coca-cola, susu kental manis, es krim, kue-kue manis, cake, tarcis, buah dalam kaleng, dendeng, abon dan sebagainya.

BAHAN APAKAH DAPAT MENGGANTIKAN GULA SEBAI BAHAN PEMANIS


Dirumah obat dapat dibeli bahan gula, tetapi mempunyai rasa manis, yaitu “sakarin”.

Bahan ini 300 x semanis gula pasir dan dapat diperoleh dalam bentuk tablet, tepung, kristal atau cairan.


BAGAIMANA CARA MEMASAK YANG DIANJURKAN ?

  1. Pada permulaan, anda dianjurkan menimbang makanan sesuai dengan nasehat yang diberikan, lebih-lebih bila penyakit belum terkontrol. Secara berangsur anda dapat menakar makanan dengan ukuran rumah tangga atau dengan pengamatan. Beberapa makanan perlu ditimbang sebelum dimasak seperti daging, ikan, tempe dan sayuran golongan B.
  2. Bila penyakit anda sudah terkontrol, anda dapat makan dari menu keluarga, asal jumlah makanan ditakar dengan ukuran rumah tangga atau dengan pengamatan.
  3. Cara memasak dapat dilakukan seperti untuk anggota keluarga lain
  4. Sakarin sebagai pengganti gula dapat digunakan dalam perbandingan berikut : Untuk 1 gelas minuman dapat digunakan 2 tablet sakarin atau 1⁄4 sdt sakarin kristal. Sakarin dapat memberikan rasa pahit, terutama bila dipanaskan.


Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Solusi Terbaik Bagi Pasien Diabetes Mellitus"