Cara Mudah Membebaskan Perlengketan Adhesi Preputium dan Smegma Saat Melakukan Sunat

Literasiperawat.com ~ Adhesi, adalah suatu kondisi dimana terjadinya perlengketan (menempelnya) dua organ berdekatan sehingga mengganggu fungsinya. Perlengketan yang dimaksud disini adalah antara prepusium dan glans penis, kususnya di daerah corona glandis. Hal ini diakibatkan adanya smegma yang menumpuk dan mengeras, akibat higiene yang kurang baik atau karena kelainan pada penis (fimosis).

Smegma yang terlanjur menumpuk dan mengeras sulit dibersihkan dengan tangan tanpa alat bantu. Namun hal itu tidak akan dapat dilakukan sebelum kita membebaskan perlengketan glans penis dan mukosa prepusium. Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini diantaranya adalah sebagai berikut :

𝐌𝐞𝐦𝐛𝐞𝐛𝐚𝐬𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐫𝐥𝐞𝐧𝐠𝐤𝐞𝐭𝐚𝐧 

  • 𝗧𝗲𝗸𝗻𝗶𝗸 𝗸𝗹𝗲𝗺 
  1. Tarik preputium ke proksimal kemudian klem dibuka sambil didorong ke arah perlengketan. 
  2. Cara ini dilakukan berulang-ulang kearah proksimal dan lateral sampai terlihat sulkus korona glandis dan pangkal mukosa prepusium di sekeliling sulkus korona glans penis. 
  3. Keuntungan tehnik ini adalah dapat membebaskan perlengketan dengan cepat sedangkan kekurangannya adalah dapat menyebabkan lecet didaerah glans dan mukosa. 
  4. Yang harus diperhatikan dalam tehnik ini bahwa ujung klem harus benar-benar tumpul. 
  • 𝗧𝗲𝗸𝗻𝗶𝗸 𝗸𝗮𝘀𝗮
  1. Prepusium ditarik dengan tangan kiri ke arah proksimal sampai meregang sehingga terlihat perlengketan.
  2. Tangan kanan memegang kasa steril untuk membebaskan perlengketan. 
  3. Kemudian daerah perlengketan didorong dengan kasa ke arah proksimal, sehingga perlengketan terlepas sedikit demi sedikit. 
  4. Keuntungan tehnik ini adalah minimnya resiko lecet atau trauma pada glans penis.
  5. Kerugiannya adalah prosesnya memakan waktu relatif lama.

Dalam hal membebaskan mukosa yang harus diperhatikan dari beberapa teknik diatas adalah perlengketan sekeliling perbatasan mukosa dan glans penis harus benar-benar bebas atau lepas seluruhnya. Ciri perlengketan sudah lepas adalah sudah terlihat batas mukosa-batang penis dan sulkus korona glandis secara utuh, terlihat sebagai sudut tumpul yang melingkar sepanjang lingkaran penis.

𝐌𝐞𝐦𝐛𝐞𝐫𝐬𝐢𝐡𝐤𝐚𝐧 𝐒𝐦𝐞𝐠𝐦𝐚

Smegma yaitu sekret dari kelenjar yang dapat mengeras, berupa butiran-butiran putih seperti kapur yang berkumpul antara mukosa dan glans penis, utamanya didaerah korona glandis.

  1. Dorong smegma dengan kasa steril sedikit demi sedikit. 
  2. Jika smegma sulit dilepaskan basahilah kasa dengan larutan NaCl 0,9 %.
  3. Kemudian lakukan cara yang sama dengan diatas. 
  4. Jika dengan cara ini smegma masih sulit terlepas, dapat diatasi dengan klem mosquito dengan cara menjepit gumpalan smegma satu persatu.
  5. Kemudian bersihkan dengan kasa yang telah dicelup povidone iodine 10%.



Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Cara Mudah Membebaskan Perlengketan Adhesi Preputium dan Smegma Saat Melakukan Sunat"