Pendampingan Pelayanan Spiritual Terhadap Pasien IRNA Dan IRJ

Literasiperawat.com ~ Kegiatan pendampingan pelayanan spiritual yang dilakukan oleh tenaga kerohanian terhadap pasien Rawat Inap maupun pasien Rawat Jalan untuk berdoa, konseling, dan penguatan spiritual.

Tujuan

Memberikan penguatan spriritual terhadap pasien dan keluarganya melalui hubungan persahabatan, pendampingan, motivasi, doa, dan konseling baik di lingkungan Instalasi Rawat Inap maupun Instalasi Rawat Jalan.

Prosedur

  1. Mendampingi pasien atau keluarga yang merasa mendapat "beban", supaya mereka tidak mengalami stres berkepanjangan.
  2. Melakukan suatu fungsi penyembuhan "holistik", dalam bentuk kesediaan untuk duduk di samping pasien dan mendengarkan dia mengungkapkan perasaan, keluhan, kemarahannya di hadapan tenaga kerohanian.
  3. Melakukan penelaahan bersama (dengan pasien atau keluarganya) dengan tujuan memahami  kasus-kasus yang dialami pasien, yang biasanya tidak ada hubungan dengan rumah sakit sekalipun, tetapi tetap perlu dibantu untuk ditangani.
  4. Berperan sebagai mediator rekonsiliasi yang dapat "menyambung
  5. hati" antara pasien dan keluarganya, jika ada masalah atau konflik.
  6. Memberikan kasih dan perhatian dengan tidak perlu berbicara panjang lebar, tidak perlu nasihat, cukup harapan, peneguhan, doa, dan membaca Kitab Suci.
  7. Waktu Pelaksanaan:
    • Bagi yang berdinas pagi, melakukan kunjungan pendampingan
    • pastoral mulai pukul 8.00 WIB sampai selesai sesuai dengan pembagian tugas yang sudah ditentukan dan disepakati diantara tim Komite Pastoral Rumah Sakit.
    • Bagi yang berdinas siang, melakukan kunjungan pendampingan pastoral mulai pukul 15.00 WIB sampai selesai sesuai dengan pembagian tugas yang sudah ditentukan dan disepakati diantara tim Komite Pastoral Rumah Sakit.
    • Jika diperlukan di luar jam dinas, disediakan waktu On  Call.

Unit Terkait

  1. Semua Instalasi Rawat Inap
  2. ICU
  3. IGD
  4. Poliklinik.
Bagi yang menginginkan file dokumen Akreditasi Standar Kemenkes terbaru: pokja SKP, HPK, KPS, PKPO, PMKP, MRMIK, KE, TKRS, PROGNAS,  PAB, PP,PAP, AKP, PPI dan MFK Silahkan hubungi via whatsapp 081242949477 atau email : nsiwansyah@gmail.com

Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Pendampingan Pelayanan Spiritual Terhadap Pasien IRNA Dan IRJ"