Mitos Atau Fakta Parafimosis Disunat Oleh Jin?


Litetasi Perawat ~ Berikut akan penulis jelaskan pada isi artikel ini tentang mitos yang sering berkembangan dikalangan masyarakat bahwa parafimosis terjadi karena anaknya di sunat oleh jin.

𝗠𝗶𝘁𝗼𝘀

Peristiwa "anak dikhitan Jin", benarkah terjadi demikian? Pada dasarnya tidak ada Jin yang bertindak sebagai dokter khitan, ini sudah jelas salah. 

𝗙𝗮𝗸𝘁𝗮 

Ada gangguan pada penis yang menyebabkan kulup penis tertarik ke belakang dan sulit dikembalikan, sehingga penis terasa seperti tercekik. Dalam bahasa medis disebut dengan istilah 𝗽𝗮𝗿𝗮𝗳𝗶𝗺𝗼𝘀𝗶𝘀. 

𝗣𝗲𝗻𝘆𝗲𝗯𝗮𝗯

Kondisi yang menyebabkan terjadinya parafimosis antara lain faktor setelah ereksi, kulup penis sering dibuat main-main pada anak, infeksi kuman, trauma fisik pada area sekitar alat kelamin, mempunyai kulit lebih yang ketat dibandingkan kulit normal, kulit pada penis ditarik kebelakang untuk waktu yang cukup lama dan menarik kulit penis terlalu kuat pada saat mau kencing.

𝗣𝗲𝗻𝗮𝘁𝗮𝗹𝗮𝗸𝘀𝗮𝗻𝗮𝗮𝗻

Penanganan dapat bervariasi tergantung dari umur dan kondisi yang dialami pasien. Secara umum, langkah awal   penanganan parafimosis adalah untuk  mengurangi pembengkakan. Kita mungkin akan menyarankan beberapa hal kepada pasien seperti mengompres dengan es pada area tersebut, memasang perban dengan ketat pada penis, menggunakan jarum untuk mengeluarkan darah dan nanah yang tersumbat, menyuntikan hyaluronidase sebuah enzim yang dapat mengurangi pembengkakan.

Setelah pembengkakan berkurang, selanjutnya mengembalikan kulit kembali ke posisi semula. Proses ini sangat menyakitkan, berikan obat penghilang rasa sakit sebelum prosedur dilakukan. Obat penahan rasa sakit tersebut dapat berupa obat anestesi, blokade saraf, atau obat golongan narkotik yang dapat diminum. 

Prosedurnya, pertama-tama lumasi kulit dan penis pasien. Selanjutnya, remas secara perlahan penis pasien dan bersamaan dengan itu, lakukan gerakan menarik kulit penis pasien tersebut. Jika pasien mengalami demam dan tetap mengalami sakit pada penis setelah prosedur penanganan, ini menandakan adanya infeksi, yang harus ditangani dengan antibiotik. 

Pada kasus yang sangat berat, tindakan khitan harus segera dilakukan. Parafimosis mungkin menyebabkan komplikasi serius apabila tidak ditangani dengan cepat. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan aliran darah pada penis yang selanjutnya akan menyebabkan penurunan kadar oksigen dalam jaringan. 

Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Mitos Atau Fakta Parafimosis Disunat Oleh Jin?"