Begini Program Kerja PKBRS Pada Pokja Prognas Standar 5



Literasiperawat.com ~ pelayanan Keluarga Berencana yang meliputi pelayanan kontrasepsi kondom, pil/KB, suntik KB, Alat Kotrasepsi Dalam Rahim (AKDR/IUD), pemasangan/pencabutan implant, MOP (bagi yang memenuhi persyaratan), serta penanganan efek samping dan komplikasi pada tingkat tertentu sesuai kemampuan dan fasilitas/sarana yang tersedia.

Pelayanan KB Sempurna

Adalah pelayanan Keluarga Berencana yang meliputi pelayanan KB lengkap ditambah dengan MOW (bagi fasilitas yang memenuhi persyaratan), penanganan kegagalan, dan pelayanan rujukan.

Pelayanan KB Paripurna

Adalah pelayanan Keluarga Berencana yang meliputi pelayanan kontrasepsi sempurna ditambah pelayanan rekanalisasi, penanganan infertilitas dan sebagai pusat rujukan.

Minimal tenaga yang tersedia :

  1. Dokter SpOG Konsultan (K) dan SpOG Konsultan Fertilitas (K.Fer)
  2. Dokter Sp.Urologi
  3. Dokter Sp. Anestesi
  4. Bidan terlatih
  5. Perawat terlatih
  6. Tenaga Konselor

Kompetensi Tenaga

  1. Dokter Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan, Reproduksi dan Fertilitas Adalah dokter yang berwenang melakukan pelayanan penanggulangan masalah  infertilitas.
  2. Dokter Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan (SpOG).Adalah dokter yang berwenang melakukan pelayanan semua meyode kontrasepsi kecuali vasektomi.
  3. Dokter Spesialis Bedah (Sp.B).Adalah dokter yang berwenang melakukan pelayanan semua metode kontrasepsi  termasuk pelayanan vasektomi dan tubektomi.
  4. Dokter Spesialis Urologi (Sp.U). Adalah dokter yang berwenang melakukan pelayanan semua metode kontrasepsi termasuk pelayanan vasektomi.

Program KB di RS

Pelayanan KB yang diselenggarakan di RS mencakup semua jenis alat/obat kontrasepsi baik jangka pendek maupun jangka panjang, penanganan efek samping, komplikasi, kegagalan, rakanisasi dan penanganan masalah kesehatan reproduksi. Pelayanan KB terbagi menjadi beberapa klasifikasi layanan yaitu: 

  1. Pelayanan KB Lengkap adalah pelayanan KB yang meliputi pelayanan   (AKDR/IUD), pemasangan atau pencabutan implant, MOP (bagi yang memenuhi persyaratan), serta penanganan efek samping dan komplikasi pada tingkat tertentu sesuai kemampuan dan fasiltas/sarana yang tersedia.
  2. Pelayanan KB Sempurna adalah pelayanan KB yang meliputi pelayanan KB lengkap dengan MOW (bagi fasilitas yang memenuhi persyaratan),penanganan kegagalan,dan pelayanan rujukan.
  3. Pelayanan KB Paripurna adalah pelayanan KB yang meliputi pelayanan kontrasepsi sempurna ditambah pelayanan rakanalisasi, penanganan masalah kesehatan reproduksi dan sebagai pusat rujukan. 

Ibu Pasca Persalinan yang tidak segera menggunakan kontrasepsi dapat memberikan kontribusi cukup besar terhadap tingginya unmeet need (12,1% berdasarkan mini survei 2009) dan meningkatnya resiko kehamilan tidak diinginkan (KTD). Pelayanan KB di Rumah Sakit sangat potensial memberikan sumbangan pencapaian target program KB nasional, dan menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI).

Bagi bapak/ibu yang menginginkan dokumen file pokja Prognas Standar kemenkes 2022 bisa whatsapp 081242949477

Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for " Begini Program Kerja PKBRS Pada Pokja Prognas Standar 5"